Tuesday 3 January 2017

Personal Komputer


Pengertian Komputer

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah informasi menurut prosedur yang telah dirumuskan. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti "komputer" adalah "pemroses informasi" atau "sistem pengolah informasi".

1. Definisi
Mesin yang mendapat definis ini dikenal sebagai Turing-lengkap, dan yang pertama mereka muncul pada tahun 1940 di tengah kesibukan perkembangan perkembangan di seluruh dunia.

2. Komputer
Komputer Maksud khusus lainnya secara umum dikenal sebagai "mikro kontrolel" atau "Komputer benam". Oleh karena itu, banyak yang membatasi definisi komputer kepada alat yang maksud pokoknya adalah pengolahan informasi, dari pada menjadi bagian dari sistem yang lebih besar seperti telepon, oven mikrowave, atau pesawat terbang, dan bisa diubah untuk berbagai maksud oleh pemakai tanpa modifikasi fisik. Komputer kerangka utama, mini komputer, dan komputer pribadi (PC) adlaah macam utama komputer yabg mendaoat definisi ini.

3. Komputer Pribadi
Banyak orang yang tak akrab dengan bentuk komputer lain memakai istilah ini secara ekslusif untuk menunjuk kepada komputer pribadi (PC).

4. Bagaimana Komputer Bekerja
Arsitektur Von neumann menggambarkan komputer dengan empat baguan utama yaitu  Unit Aritmatika dan Logis(ALU), unit kontrol, memori, dan alat masukan dan hasil.



Sejarah komputer
Sejak dahulu kala, proses pengolahan data telah dilakukan oleh manusia. Manusia juga menemukan alat-alat mekanik dan elktronik untuk membantu manusia dalam penghitungan dan pengolahan data supaya bisa mendapatkan hasil lebih cepat. Komputer yang ada sekarang memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar perhitungan matematik biasa. bagaimana pun juga alat pengolah data dari sejak jaman purba sampai saaat ini bisa kita golongkan ke dalam 4 golongan besar. yaitu
  • Peralatan manual
  • Peralata Mekanik
  • Peralatan Elektronik
  • dan Peralatan Elktronik

1. Alat Hitung Tradisional dan Kalkulator Mekanik
Abacus, yang muncul sekitar 5000 tahun yang lalu di Asia kecil dan masih digunakan di beberapa tempat hingga saat ini, dapat dianggap sebagai awal mula mesin komputasi. Para pedagang di masa itu menggunakan abacus untuk menghitung transaksi perdagangan. Pada tahun 1642, Blaise pascal yang pada waktu itu berumur 18 tahun, menemukan apa uang ia sebut kalkulator roda numerik untuk membantu ayahnya melakukan perhitungan pajak. Alat ini merupakan alat penghitung berbasis sepuluh. Kelemahan alat ini adalah hanya terbatas untuk melakukan Penjumlahan.

Awal mula komputer yang sebenarnya dibentuk oleh seorang profesor matematika Inggris, Charles Babbage. Tahun 1812, Babbage memperhatiakn kesesuaian alam antara mesin mekanik dan matematika, mesin mekanik sangat baik dalam mengerjakan tugas yang sama berulang kali tanpa kesalahan, sedanngkan matematika membutuhkan repetisi sederhana dari suatu langha-langkah tertentu. Pada tahun 1980, Departemen pertahanan Amerika Serikat menanamkan sebuah bahasa pemograman dengan nama ADA sebagai penghormatan kepadanya.

Pada 1889 Herman Hollerith juga menerapkan prinsip kartu perforasi untuk melakukan penghitungan. Tugas pertamanya adalah menemukan cara yang lebih cepat untuk melakukan perhitungan bagi Bro Sensus Amerika Serikat. Pada tahun 1896 yang kemudian menjadi Internasional Business Machine setelah mengalami beberapa kali merger. Vannevar Bush membuat sebuah kalkulator untuk menyelesaikan persamaan differentsial di tahun 1931. Pada tahun 1903, John V. Atanasoff dan Cliffor Berry mencoba membuat komputer elektrik yang menerapkan aljabar Boolean pada sirkuit elektrik.

2. Komputer Generasi Pertama
Pada tahun1941, Konrad Zuse seorang insyinyur Jerman membangun sebuah komputer, Z3, untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali. Tahun 1943, pihhak inggris menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia yang dinamakan Colossus utuk memecahkan kode-rahasia yang digunakan Jerman. Colossus bukan merupakan komputer sebaguna, ia hanya didesain untuk memecahkan kode rahasia, keberadaan mesin ini dijaga kerahasiaanya hingga satu dekade setelah perang berakhir.

Howard H. Aiken, seorang insinyur Harvard yang bekerja dengan IBM berhasil memproduksi kalkulatir elktronik untuk US Navy. The Harvard-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator, atau Mark I, merupakan komputer relai elektronik. Ia menggunakan sinyal elektromagnetik untuk menggerakan komponen mekanik. Perkembangan komputer lain pada masa kini adlah Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC),yang dibuat oleh kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of pennsylvania.

Pada pertengahan 1940-an, John Neumann bergabung dengan tim University of Pennsylvania dalam usaha membangun konsep desain komputer yang hingga 40 tahun mendatang masih dupakai dalam teknik komputer. Pada tahun 1945 dengan sebuah memori untuk menammpung baik program ataupun data. kunci utama arsitektur von Neumann adalah unit pemrosesan sentral (CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal. Setiap Komputer memilki program kode-biner yang berbeda yang disebut "bahasa mesin" (Machine Language).

Cm lain komputer gernarasi pertama adalah penggunaan tube vakum dan silinder magnetik untuk penyimpanan data.

3. Komputer Generasi Kedua
Pada tahun 1948, penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tube vakum di telivisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berukurang drasits. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalaha superkomputer. IBM membuat superkomputer bernama LAR. Hanya ada dua LARC yang pernah dipasang dan diganakan satu di Lawrence Radiation Labs di Livermore, California, dan yang lainnya di US navu Research and Development Center di Washington D.C. Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahsa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singkatan untuk menggantikan kode biner.
Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Salah satu contoh penting komputer pada masa ini adalah IBM 1401 yang diterima secara luas di kalangan industri. Pada tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisni besar menggunakan komputer generasi kedua untuk memproses informasi keuangan. Bahasa pemograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan.

4. Komputer Generasi Ketiga
Pada Ilmuwan kemudian berhasil memasukan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chiptunggal yang disebut semikonduktor. kemajuan komputer generasi keiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.
5. Komputer Generasi Keempat
Large Scale Intergration(LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration(VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal. USI meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak banyak komponen dalam suatu keping yang berukuran setengah keping uang logam mendorong turunya harga dan ukuran komputer. Pada tahun 1971 memawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (cepntral PRocessing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil. Tidak lama kemudian, setiap perangkat rumah tangga sperti microwave oven, televisi, dan mobil dengan electronic fuel injection dilengkapi denga mikroprosesor. 

Piranti lunak yang paling populer pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet. pada awal 1980-an, video game seperti Atari 2600 menarik perhatian kompsumen pada komputer rumahan yang lebih canggih dan dapat diprogram. IBM PC bersaing demgam Apple Macintosh dalam memperebutkan pasa komputer. Macintosh juga mempopulerkan penggunaan piranti mouse.

6. Komputer Generasi Kelima
Komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL 9000 dari novel karya arthur C. Clarke berjudul 2001 ,S[ace odyssey. Hal menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model non Neumann. Model non Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektri tanpa ada hambatan apapun. Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia.

7. Klasifikasi Komputer
  • Komputer analog 
  • Komputer Digital
  • Komputer  Komputer Hibrid
  • Komputer Kegunaan Khas
  • Komputer Kegunaan Am
  • Kerangka Utama/Server
  • Mini komputer
  • Mikro komputer

Perangkat Keras
1. Arsitektur komputer
Dalam bidang teknik komputer, arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing-masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data alamat dari dan ke memori. Arsitektur komputer ini saling tidak mengantung 3 sub kategori:
  • Setinstruksi(ISA)
  • Arsitektur mikrodari ISA, dan
  • Sistem desain dari seluruh komponen dalam perangkat keras komputer ini.
2. Perangkat keras Komputer
Perangkat keras komputer atau Hardware adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berbeda di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya. Firmware ini merupakan wilayah dari bidan ilmu komputer dan teknik komputer, yang jarang dikenal oleh pengguna umum. Komputer pada umumnya adalah komputer pribadi, (PC) dalam bentyuk desktop atau menara kotak.

3. Pemrosesan  Komputer

Pemrosesan
Unit Pemroses Pusat atau CPU berperan untuk memproses arahan, melaksanakan pengiraan dan menguruskan laluan inofrmasi menerusi system komputer. Dalam komputer-komputer modern, kedua unit ini terletak dalam satu sirkuit terpadu, yang biasanya disebut CPU. Unit Aritmatika dan Logika, atau Arithmetic Logic Unit (ALU), adalah akat yang melakukan pelaksanaan dasar sperti pelaksanaan aritmatika, pelaksanaan logis, dan pelaksanaan [erbandingan. Pada unit inilah dilakukan "kerja" yang nyata.
Input dan Hasil(Input/Output)
Input and Outpu atau bisa disingkat dengan I/O membolehkan komputer mendapatkan informasi dari dunia luar, dan menaruh hasil kerjanya disana, dan berbentuk fisik(hardcopy) atau non fisik (softcopy). Ada berbagai macam alat I/O, dari yang akrab keboard, monitor dan disk drive, ke yang lebih tidak biasa sperti webacam dan sebagainya.
Instruksi
Komputer hanya mempunyai dalam jumlah perintah sederhana yang dirumuskan dengan baik. Beberapa bahasa pemograman berhubungan erat dengan bahasa mesin, seperti assembler di sisi lain, bahasa seperti Prolog didasarkan pada prinsip abstrak yang jauh dari detail pelaksanaan sebenarnya oleh mesin.
 Sistem Operasi
Sistem operasi ialah semacam gabungan dari potongan koe yang berguna. Sistem operasi, menentukan program yang mana dijalankan, kapan, dan alat yang mana yang mereka gunakan.

0 komentar:

Post a Comment