Tuesday 3 January 2017

ALAT PENDUKUNG OPERASIONAL KOMPUTER

ALAT INPUT


Keyboard
keyboard adalah peralatan mengetik yang digunakan untuk menginput (memasukkan) teks dan juga untuk mengontrol pengoperasian komputer. Keyboard terdiri dari tombol-tombol berbentuk kotak yang disusun padanya.Ada berbagai jenis tata letak tombol-tombol pada keyboard, namun yang paling populer digunakan adalah tata letak QWERTY, yang sebenarnya merupakan tata letak mesin ketik yang paling populer.

MOUSE
Mouse adalah alat yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer selain keyboard. Mouse berbentuk seperti seekor tikus yang menjadi asal nama bahasa Inggrisnya (mouse). Mouse bekerja dengan menangkap gerakan menggunakan bola yang me-nyentuh sebuah permukaan yang keras dan rata. Mouse yang lebih baru biasanya tidak mempunyai bola; menggunakan sinar optik untuk men-deteksi gerakan pemakai.

JOYSTICK
Joystick ialah alat masukan (input device) komputer yang berwujud tuas yang dapat bergerak ke empat arah 

SCANNER
Scanner merupakan suatu alat yang digunakan untuk memindai suatu bentuk maupun sifatbenda, seperti dokumen, foto, gelombang, suhu dan Iain-lain. Terdapat beberapa jenis Scanner bergantung pada kegunaan dan cara kerjanya, antara lain:
  • Scanner gambar
  • Scanner barcode
  • Scanner sinar-X
  • Scanner cek
  • Scanner logam
  • Scanner Optical Mark Reader (OMR) 
Bila dikelompokkan berdasarkan cara memasukkan kertas, Scanner gambar terdiri atas 2 jenis yaitu  Flatbed dan Automatic Document Feeder (ADF).

WEBCAM
Webcam atau web camera adalah sebutan bagi kamera realtime (bermakna keadaan pada saat ini juga) yang gambarnya bisa diakses atau dilihat melalui World Wide Web, program instant messaging, atau aplikasi video call. Sekarang hampir semua kamera digital dan HP bisa dijadikan sebagai kamera web (webcam).


ALAT OUTPUT


PRINTER
Printer atau pencetak adalah alat yang menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar/grafik, di atas kertas. Printer biasanya terbagi atas beberapa bagian, yaitu picker sebagai alat mengambil kertas dari tray. Tray ialah tempat menaruh kertas. Tinta atau toner adalah alat pencetak sesungguhnya, karena ada sesuatu yang disebut tinta atau toner yang digunakan untuk menulis pada kertas. Perbedaan toner dan tinta ialah perbedaan sistem; toner atau laser butuh pemanasan, sedangkan tinta atau Inkjet tak butuh pemanasan, hanya pembersihan atau cleaning pada print headnya.

PENGERAS SUARA
Pengeras suara atau Speaker komponen elektronika yang menerima sinyal masukan dan memberikan respon keluaran berupa frekuensi audio (suara) dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk selaput.

JARINGAN
Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama.

1. KLASIFIKASI 
Berdasarkan skala
  • Local Area Network (LAN)
  • Metropolitan Area Network (MAN)
  • Wide Area Network (WAN)
Berdasarkan fungsi
Pada dasarnya setiap jaringan komputer ada yang berfungsi sebagai client dan juga server. Karena itu
berdasarkan fungsinya maka ada dua jenis jaringan komputer yaitu Client-server dan peer-to-peer.
Berdasarkan topologi jaringan
Berdasarkan topologi jaringan, jaringan komputer dapat dibedakan atas:
  • Topologi bus
  • Topologi bintang
  • Topologi cincin 
2. MODEM
Modem atau Modulator Demulator, ini digunakan untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog sehingga data dari komputer bisa dikirimkan melalui saluran telepon atau saluran lainnya. Sinyal analog tersebut dapat dikirimkan melalui beberapa media telekomunikasi seperti telepon dan radio.Terdapat dua jenis modem secara fisiknya, yaitu modem eksternal dan modem internal.

3. KARTU JARINGAN
Kartu jaringan atau Network Interface card(NIC) adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. Jenis NIC yang beredar, terbagi menjadi dua jenis, yakni NIC yang bersifat fisik, dan NIC yang bersifat logis. Setiap jenis NIC diberi nomor alamat yang disebut sebagai MAC address, yang dapat bersifat statis atau dapat diubah oleh pengguna.

0 komentar:

Post a Comment